senam stroke

Bookmark and Share
Gerakan Senam Stroke yang sudah cukup lama digunakan untuk melatih otot-otot penderita stroke, dirasakan terlalu cepat dan cukup memberatkan penderita. Karenanya perlu dilakukan revisi di beberapa item, serta irama musik yang mengiringinya. Sehingga, benar-benar mengena pada sasaran, yaitu sesuai dengan kondisi yang dialami penderita stroke.

Gerakan Senam Stroke yang sudah cukup lama digunakan untuk melatih otot-otot penderita stroke, dirasakan terlalu cepat dan cukup memberatkan penderita. Karenanya perlu dilakukan revisi di beberapa item, serta irama musik yang mengiringinya. Sehingga, benar-benar mengena pada sasaran, yaitu sesuai dengan kondisi yang dialami penderita stroke.

Salah seorang tim revisi senam stroke Indonesia, Drs Suparman, SMPh mengemukakan hal itu di sela-sela pendidikan dan latihan, serta pengenalan gerakan senam stroke yang kepada instruktur dan pelatih senam stroke di Jakarta belum lama ini. Diklat yang diikuti instruktur dan pelatih senam stroke dari klub-klub stroke, dimaksudkan selain memberikan penyegaran juga meminta masukan dari para instruktur senam stroke, tentang senam yang baru dan akan disosialisasikan kepada masyarakat, terutama anggota klub stroke di seluruh Indonesia.
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dr Sadoso S, pakar kedokteran olahraga, yang melakukan revisi terhadap senam stroke yang lama mengatakan, beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh seorang instruktur senam, terutama senam stroke, di antaranya kondisi penderita, seperti tekanan jantung, waktu pelaksanaan senam. Bukan hanya itu, gerakan-gerakannya pun tidak boleh terlalu berat, mengingat penderita stroke mengalami kelumpuhan anggota tubuh.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah suasana pun harus dibuat seriang dan segembira mungkin, sehingga penderita tidak gampang jenuh. Karena bila sampai senam ini menimbulkan kejenuhan bisa menyebabkan penderita menjadi stres. Ini yang harus dihindari oleh penderita stroke. Irama lagu yang mengiringi senam pun temponya dibuat selambat mungkin, sehingga bisa diikuti oleh semua penderita stroke.
Ditambahkan Sadoso, direvisinya senam stroke yang biasa dilakukan oleh klub-klub stroke di seluruh Indonesia, selain senam itu sudah terlalu lama digunakan dan menimbulkan kejenuhan, juga adanya keluhan dari sebagian pasien bahwa senam yang lama gerakannya cukup menyulitkan dan terlalu cepat, karenanya perlu direvisi dengan gerakan-gerakan baru dikombinasi dengan gerakan yang lama.

Penelitian panjang
Revisi yang dilakukan terhadap gerakan senam stroke yang selama ini dijalankan bukan asal mengganti saja, tetapi telah melalui berbagai uji coba dan penelitian panjang, terutama sekali menyangkut penelitian ilmiah untuk memberikan reaksi terhadap otot-otot yang lumpuh dengan cepat, sehingga mampu digerakkan kembali seperti sediakala.
Diakui Sadoso, senam yang selama ini dijalankan sebenarnya sudah cukup bagus, karena sudah banyak juga yang merasakan hasilnya, di mana otot-otot yang lumpuh dan semula tidak bisa digerakkan, sudah dapat digerakkan kembali dan digunakan seperti sediakala.
Namun, tentunya kita tidak bisa berhenti begitu saja, tapi harus terus melakukan inovasi. Selama ini ada beberapa gerakan yang dianggap kurang mengena untuk penderita stroke dan dianggap mubazir. Karena itu, perlu dilakukan revisi yang meliputi gerakan mana yang tetap dipertahankan, dan gerakan mana yang harus diganti dengan gerakan?gerakan baru yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.
Dengan adanya diklat bagi instruktrur senam stroke ini, kata Suparman, akan menambah wawasan dan wacana kepada para instruktur, sehingga mereka mampu mengembangkan dan menyosialisasikan senam stroke yang baru ini kepada seluruh penderita stroke.
Diakuinya, dalam melakukan sosialisasi gerakan senam yang baru ini kepada penderita stroke bukan perkara mudah, dan butuh waktu yang cukup lama. Hal ini karena keterbatasan yang dimiliki oleh penderita stroke.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

Kalo metode penyembuhan stroke dengan senam kira2 berapa lama yah yg bisa dilakukan agar hasilnya bisa maksimal atau setidakx sampai terlihat ada perubahan nyata? dan apakah ada baju senam terbaru khusus yg bisa digunakan utk melakukan ini? Trimmsss ^^

Unknown mengatakan...

Bisakah stroke sembuh total dengan bahan alami?

Posting Komentar